Satu Informasi Untuk Nusantara !

Bupati Masih Jamin Siap Jadi Tuan Rumah 9 Cabor

2 min read

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Bupati Garut Rudy Gunawan, masih memberikan jaminan Pemkab Garut siap menjadi tuan rumah bagi 9 cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022.

Hal ini ditegaskan bupati usai mengikuti rapat bersama pengurus Koni dan pengurus cabor, senin (1/08/2022) di aula Kantor Dinas Tenaga Kerja.

“Aman, (tidak akan ada pengurangan cabor), tidak, tidak” tegas Rudy kepada wartawan.

Meski menjamin aman dan siap menjadi tuan rumah bagi 9 cabor, Rudy mengakui, terkait anggaran masih belum ada titik temu. Karena, ada beberapa cabor yang ajuan anggarannya dinilai terlalu besar dan memberatkan bagi Pemkab Garut.

“Yang lain oke, nggak ada masalah, tinggal selam saja,” katanya.

Untuk Cabor selam, menurut Rudy ajuan anggaran yang disampaikan Pengurus Daerah (Pengda) nilainya mencapai Rp 1,2 miliar yang harus ditanggung Pemkab Garut.

Rudy melihat nilai anggaran ini terlalu besar hingga perlu ada upaya efisiensi lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin mengungkapkan, soal anggaran menjadi tuan rumah cabor dalam Porprov, itu merupakan wilayah Dinas Pemuda dan Olahraga serta Pengurus Daerah (Pengda) cabor di provinsi.

“Yang menyusun anggaran itu dari Pengda, dari kita ada semacam verifikasi, rencananya tanggal 4 ini (verifikasi),” jelas Syakur.

Syakur mengakui, untuk tuan rumah cabor selam, bupati memang langsung menolak ajuan anggaran dari Pengda sebesar Rp 1,2 miliar karena dinilai terlalu besar. Karenanya, akan ada verifikasi lanjutan untuk melihat mana yang bisa dikurangi hingga anggaran yang diajukan tidak sebesar itu.

“Bupati dan kita melihat harus ada semacam batasan, karena kalau terlalu besar, mau bagaimana duitnya tidak ada,” katanya.

Syakur mengakui, ada satu hal yang tidak diduga yaitu hamper semua komponen biaya untuk jadi tuan rumah cabor, ternyata dibebankan ke pemerintah kabupaten. Meskipun ada anggaran dari provinsi, jumlahnya ternyata tidak besar.

“Persentasenya akan dibahas nanti saat verifikasi antara Dispora dan Pengda,” katanya.

Syakur melihat, mestinya akhir minggu ini, soal anggaran untuk tuan rumah cabor dan juga kontingen sudah ada kepastian. Banyak pihak berharap soal anggaran ini tidak ada pengurangan, namun tentunya semua kembali pada ketersediaan anggaran yang dimiliki Pemkab Garut.

“Ini bukan keinginan Koni, ini pilihan sulit Pemkab,” kata Syakur. (*)

Tinggalkan Balasan