Satu Informasi Untuk Nusantara !

Universitas Galuh Ciamis Siap Bangun Green Campus

2 min read

CIAMIS, KABARNUSANTARA.ID – Universitas Galuh (Unigal) Ciamis akan menerapkan kampus hijau dengan membangun setiap elemen secara komprehensif. Dengan menjadikan kawasan hijau serta menerapkan budaya tatar Galuh Ciamis.

Rektor Universitas Galuh Ciamis Dr. Dadi., M.Si menyampaikan, membangun dan menata kampus Universitas Galuh dengan melibatkan seluruh unsur civitas akademik mulai dari pejabat struktural, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

Tren pembangunan kampus-kampus di dunia sekarang dan ke depan adalah menerapkan prinsip berwawasan lingkungan mulai dari aspek fisik bangunan, pengelolaan sampah, manajemen air, efisiensi energi berbahan fosil dan optimalisasi energi baru terbarukan, sampai kepada orientasi riset dan pendidikan berbasis lingkungan.

“Sebagai contoh kecil, kampus harus memiliki tempat parkir yang tertata dg baik dan membatasi pergerakan kendaraan berbahan bakar fosil. Kawasan terbuka hijau akan dikelola dengan konsep food forest dengan mengedepankan interaksi nilai ekologis, ekonomis dan sosial budaya. Dengan konsep tersebut maka tumbuhan yang akan ditanam berakar kepada budaya kearifan lokal,” ucapnya, Jumat (14/10/2022).

Rektor juga menambahkan, untuk memberikan efek hijau di sekitar fisik bangunan kampus akan memanfaatkan tumbuhan Sacha inchi. Tumbuhan jenis kacang ini selain dikembangkan di dalam kampus juga lebih luas dikembangan oleh masyarakat bekerjasama dengan Unigal.

“Nantinya kerjasama kampus dengan petani akan memberikan ruang peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus menumbuhkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa,” terangnya.

“Selama membangun itu semua lanjut dia, Kita akan bekerjasama dengan koprasi, Bumdes dan kita lakukan pemasaran untuk memudahkan penjualan. Nantinya, dengan bertanam bisa menumbuhkan dan membangun kearipan lokal di daerah,” tambahnya.

Semoga dengan kampus hijau dan menumbuhkan ekonomi lokal bisa membantu masyarakat kabupaten Ciamis menjadi lebih baik dan maju lagi serta menumbuhkan nilai dudaya Ciamis.

“Budaya harus jalan ekonomi harus terus maju, jadi mari kita sama-sama membangun Ciamis menjadi lebih baik,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan