WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Peringati Harganas, Ade Kaca Berharap Pencegahan Stunting Jadi Prioritas

1 min read

KABARNUSANTARA.ID – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat Ade Kaca mengingatkan bahwa keluarga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan.

Pasalnya, jika sistem keluarga tidak cukup kokoh maka memungkinkan terjadinya pergeseran nilai dari kolektif menjadi individualistik.

“Misalnya anggota keluarga sibuk dengan gawainya dan sebagaian lainnya dengan pekerjaan atau aktivitas lain yang kurang produktif sehingga lupa dengan kewajiban keluarga,” tuturnya kata Ade Kaca Sabtu (23/7/2022).

Salah satu dampak kurangnya peran keluarga adalah menurunnya jaminan pemenuhan gizi anak, yang akhirnya berujung pada penambahan kasus stunting.

Stunting, disebabkan karena kekurangan gizi yang menjadi penyebab kondisi gagal tumbuh pada balita.

Oleh karena itu, peringatan Harganas tahun ini difokuskan sebagai penguatan komitemen membangun keluarga sehat dan berkualitas sesuai tema
“Ayo Cegah Stunting agar Keluarga Bebas Stunting”.

Ade mengatakan, pihaknya terus mendorong peran keluarga melalui intervensi sesuai kewenangannya, termasuk memfasilitasi 10 program pokok PKK terutama terkait dengan pangan kesehatan.

“Pencegahan stunting melalui penguatan keluarga bukan hanya kuantitatif saja, tetapi juga target kualitatif. Yakni memelihara budaya gotong royong dalam mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera,” katanya

Tinggalkan Balasan