Lebih dari 40 Pasangan Ikuti Kick Off Pelayanan Catin Serentak Tahun 2024 di Kota Cimahi

  • Whatsapp
Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi resmi membuka kegiatan Pelayanan Catin Serentak (PCS) tingkat Kota Cimahi.

CIMAHI, KABARNUSANTARA.ID – Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi resmi membuka kegiatan Pelayanan Catin Serentak (PCS) tingkat Kota Cimahi. Kegiatan ini sekaligus menjadi kick Off (pencanangan) Pelayanan Catin Serentak Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, yang ditandai dengan pelayanan bagi calon pengantin se-Kota Cimahi, dan digelar perdana di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (18/05/2024).

Di hadapan lebih dari 40 pasangan calon pengantin yang hadir, Pj. Wali Kota Cimahi yang didampingi Bunda Genre Kota Cimahi, Diah Utami, berpesan bahwa ada 3 alasan mengapa pihaknya melalui DP3AP2KB Kota Cimahi bersama BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kemenag dan Dinas Kesehatan menggelar pembinaan calon pengantin tersebut.

Bacaan Lainnya

“Alasan pertama, karena pernikahan itu merupakan perjanjian agung. Tidak hanya manusia dengan manusia, tapi juga disaksikan langsung oleh Allah Swt. Karenanya perlu direncanakan dengan matang. Kedua, bahwa pernikahan adalah ladang amal dan ibadah yang luar biasa. Dan ketiga, keluarga merupakan tiang negara. Negara ini bisa kuat, jika dibangun dari keluarga-keluarga yang kuat,” ucapnya.

Lebih jauh dirinya mencontohkan mengenai stunting, siapa yang bisa mencegah stunting? Tentu bisa dicegah, dimulai dari keluarga, dari sebelum menikah. Jika keluarga tidak mengetahui pengasuhan optimal di 1000 HPK, tentu generasi-generasi penerusnya nanti akan tidak baik dan menjadi beban negara.

Begitupun sebaliknya, jika keluarga faham akan pengasuhan, melahirkan generasi sehat dan tidak stunting, maka percayalah kedepan negara kita akan menjadi negara cemerlang. Indonesia Maju di 2045 optimis bisa dicapai.

Pada kesempatan yang sama turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa beserta jajaran, Kepala DP3AP2KB Kota Cimahi beserta jajaran, Dinkes dan Kemenag Cimahi, serta tenaga lini lapangan Program Bangga Kencana Cimahi.

Selain memperoleh materi bimbingan dan persiapan menikah dari Kemenag, BKKBN, Dinas KB dan Dinkes, para catin yang datang sejak pagi juga terlebih dahulu memperoleh pelayanan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas setempat, pelayanan Aplikasi Elsimil, Pelayanan dari Satyagatra dan pendampingan langsung dari Tim Pendamping Keluarga.

Nah, bagi para catin yang berada di kabupaten kota lainnya dapat menghubungi Dinas KB dan KUA setempat. Karena Pelayanan Catin Serentak ini digelar mulai 6 Mei s.d. 14 Juni 2024 yang akan datang. (*)

Pos terkait