Sambut Bulan Suci Ramadhan, Kodim 0611 Gandeng Masyarakat Dusun 03 Bersihkan Lingkungan

  • Whatsapp

GARUT,KABARNUSANTARA.ID- Anggota TNI dari kesatuan Kodim 0611 Garut, Jawa Barat bersama masyarakat Dusun 03Kp. Neglasari,  Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong mengadakan kegiatan Karya Bakti TNI Manunggal bersama rakyat bersihkan lingkungan termasuk sungai yang ada di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan bersih bersih lingkungan jelang pelaksanaan ibadah puasa ramadhan yang tinggal menghitung hari, hadir pula Sekertaris Daerah (Sekda) Garut, H Nurdin Yana.

Bacaan Lainnya

” Kami atas nama pemerintah menghaturkan terimakasih kepada teman -teman TNI yang bekerjasama dengan masyarakat pencinta lingkungan, serta masyarakat desa lainnya diwilayah,  yang Alhamdulillah stelah kami lihat tempat ini bersih, aman, dan nyaman”ucapnya, Rabu (15/03/2023).

Sekda menilai, dengan adanya dorongan anggota TNI juga dari berbagai pihak dilingkungan tersebut, dan keberadaan sekolah sungai yang cukup aktif didukung pemerintah desa juga RT/RW  secara berkolaborasi sehingga memberikan kontribusi yang luar biasa sekali.

Ditempat yang sama,Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Taufik Buldani, turut menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat, agar timbul rasa cinta kepada lingkungan khususnya lingkungan masing-masing.

“Bagaimana cara merawat, cara menjaga, dan cara kita merawat bagaimana lingkungan kita bersih, itu bisa dikatakan K3 yaitu Keindahan, Kebersihan, dan Kesehatan,” ucapnya

Danramil 1113/Bayongbong, selaku Koordinator Karyabakti TNI Manunggal Bersama Rakyat Kodim 0611/GARUT, Capt. CHB Khasanudin, menyampaikan,  dalam kesempatan ini pihaknya menurunkan personil sebanyak 70 orang dengan dibantu oleh masyarakat sekitar kurang lebih 60 orang, sehingga jumlah yang mengikuti karya bakti pada haritu adalah kurang lebih 150 orang.

“Tentunya tujuan dari pada kegiatan karya bakti ini adalah kita membantu pemerintahan daerah dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat, sehingga dengan karya bakti bersama rakyat, maka diharapkan akan tercipta ikatan batin yang kokoh kuat TNI dengan masyarakat  baik itu fisik maupun nonfisik,” ucapnya.

Ia memaparkan, bahwa dalam karya bakti ini dilaksanakan beberapa kegiatan fisik berupa pembersihan lokasi Harum Madu, pembersihan selokan sepanjang 500 meter, dan pembersihan irigasi.

Kepala Dusun (Kadus) 03 Desa Mekarsari, Linda, menyampaikan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada Kodim 0611 Garut yang telah menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti TNI Manunggal di dusunnya. Ia berharap, melalui kegiatan ini TNI dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Sangat mengapresiasi sekali dan mengucapkan terima kasih banyak terhadap kesatuan¬† TNI Kodim bisa bersama rakyat (dan) merakyat bersama kami semua bekerjasama menjaga lingkungan kebersihan ya begitu,” ujarnya. (Jay)

Pos terkait