Satu Informasi Untuk Nusantara !

Pemkab Garut Jajaki Buka Akses Jalan Baru ke Taman Satwa Cikembulan

2 min read

” Garut punya objek wisata yang luar biasa, tadi saya lihat ada singa muda 6 ekor, yang dewasa dan sepuh ada dua. Satwanya sudah lebih lengkap dibanding dulu waktu pertama kali, saya harap terus dilengkapi,” katanya kepda wartawan.

GARUT,KABARNUSANTARA.ID- Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata Taman Satwa Cikembulan ( TSC) yang berlokasi di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Jawa Barat pada Selasa, 24 Januari 2023.

Diakuinya akses jalan yang kecil  dari jalan raya Kadungora menuju lokasi taman satwa satu satunya di Jawa Barat itu menjadi kendala bagi pengunjung terutama pengunjung rombongan yang menggunakan mobil besar.

” Ke sini itu kan banyak rombongan anak sekolah pake mobil besar agak sulit masuk. Ada akses akses yang dekat dari jalan baru itu, ini sudah saya perintahkan Dinas Pariwisata, ada pak Camat, nanti saya perintahkan dinas yang lain untuk jajaki kemungkinannya bukan untuk pengembangan wisata yang ada di Kadungora dan Leles,” ujarnya.

Wabup juga memandang TSC ini luar biasa, sebab selain tempat rekreasi juga menjadi sarana edukasi terutama untuk anak sekolah sehingga bisa mengenal satwa dari dekat tanpa harus pergi ke kebun binatang yang ada di daerah lain.

Pengelola TSC Kadungora, Rudi Arifin, SE, mengaku gembira dengan kunjungan wakil bupati ke tempat wisatanya pasca  Covid 19 ini dengan respon positif yang ditunjukan terhadap upaya pengembangan objek wisatanya itu

” Pasca Covid 19 ini kita punya motivasi lebih untuk pengembangan wisata ini, Alhamdulillah beliau berkunjung ke sini. Tadi kami berdiskusi panjang, kami sampaikan apa keinginan kita, apa keluhan kita dan respon beliau bagus sekali, saya tinggal melanjutkan koordinasi,” tuturnya.

Rudi juga membenarkan Wabup  akan menjajaki pembukaan akses jalan yang lebih baik dari jalan baru yang lokasinya berada di belakang TSC sejauh 350 meter dengan lebar  8 meter, atau alternatif kedua dengan panjang jalan 500 meter dengan lebar 8 meter.

Menurutnya, banyak efek positif jika sudah ada akses dari jalan baru itu, diantaranya pengunjung ke TSC bisa lebih banyak, bisa memberikan PAD yang lebih bagi Pemkab Garut, serta aspek ekonomi lainnya. (Jay)

Tinggalkan Balasan