WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

PDIP Diprediksi Kehilangan 1 Kursi di DPRD Garut

2 min read

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan. (Foto: Jaya/Kabar Nusantara)




GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Raihan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Garut pada Pemilu tahun 2019 ini mengalami penurunan signifikan. Partai berlambang kepala banteng ini pun diprediksi akan kehilangan satu kursi. dari yang asalnya 6 kursi menjadi 5 kursi.

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut, Yuda Puja Turnawan menyebutkan, total suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2019 sebanyak 122.242 suara, sedangkan tahun 2014 memperoleh 155 ribu suara.

Baca juga:

Gerindra Garut Yakin Raih 8 Kursi, Inilah Caleg yang Diperkirakan Lolos

“Dengan raihan suara sebanyak itu, kemungkinan kami hanya mendapatkan 5 kursi saja. Semua Dapil terisi, tapi ada penurunan di Dapil 2 dari dua kursi menjadi satu kursi,” katanya di Kantor DPC PDIP, Jalan Merdeka, Garut, Kamis (2/5/2019).

Yuda menyebutkan, anjloknya suara PDIP di Jawa Barat, khususnya di Garut, lebih disebabkan oleh banyaknya berita bohong atau hoax.

“Turunnya suara PDIP itu karena tsunami hoax, bahwa PDIP itu tidak butuh suara ummat Islam, bahwa PDIP itu akan menutup pondok pesantren, PDIP itu seolah representasi dari komunis, dan lain sebagainya,” tutur Yuda.

Dikatakannya, seluruh kader partai, terutama para calegnya, tidak cukup waktu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik sosialisasi si caleg sendiri maupun capres. Seluruh caleg disibukan dengan memerangi berita hoax tersebut.

“Pertempuran di Garut ini relatif keras. Karena kami ini bukan bertempur untuk meraih suara, melainkan sibuk bertempur melawan hoax,” keluhnya

Baca juga:

Heboh, di Daun Gelombang Cinta Ada Gambar Wajah Manusia

Sementara itu, caleg dari PDIP yang diprediksi menempati kursi DPRD Garut, untuk Dapil 1 Yuda Puja Turnawan, dengan 5.219 suara. Kemudian Dapil 2 Juju Hartati dengan 6.972 suara, Dapil 3, Dadan Wandiansyah dengan 6.941 suara, Dapil 4 Dudeh Ruhiyat dengan 4.990 suara, dan Dapil 5 Mamat Rahmat, dengan 7.591 suara.

Untuk kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat, kemungkinan akan diisi oleh Memo Hermawan, dengan raihan suara 45.000 suara. Sedangkan untuk DPR RI akan diisi oleh Dony Oekon Maryadi dengan 54.000 suara.

Reporter : Jay
Editor: Mutika

Tinggalkan Balasan