Ini Adalah 5 Tanaman Hias yang Bisa Dicangkok

  • Whatsapp
Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino Bougenville adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

KABARNUSANTARA.ID – Mencangkok adalah salah satu upaya membudidayakan tanaman. Selain pada tanaman buah, terdapat tanaman hias yang bisa dicangkok. Beberapa tanaman hias dikenal sulit dibudidayakan, karenanya tak jarang jika tanaman ini dapat dicangkok dan dipelihara dengan baik, bakal memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Ciri Tanaman yang Bisa Dicangkok

Tidak semua tanaman hias dapat dicangkok. Ada ciri dan syarat tertentu bagi suatu tanaman agar bisa dicangkok.

Bacaan Lainnya

  • Tanaman tersebut haruslah tumbuhan dikotil.
  • Tumbuhan dikotil memiliki kambium yang berfungsi menyimpan cadangan makanan.

Adapun keuntungan tanaman hasil cangkok, yakni:

  • Tanaman lebih cepat berbunga
  • Tanaman memiliki karakter yang sama dengan induknya
  • Lebih mudah dan praktis dalam pembudidayaan
  • Lebih cepat dalam memperbanyak tanaman

Sementara kekurangan mencangkok adalah:

  • Tanaman tidak dapat dicangkok dalam jumlah banyak
  • Tanaman induk berpotensi mati jika terlalu banyak cabang pohon yang dicangkok
  • Akar tanaman tidak kuat
  • Tidak tahan kering

Tanaman Hias yang Bisa DicangkokTeknik cangkok banyak dilakukan pegiat tanaman hias karena mudah diterapkan dan dilakukan. Mencangkok merupakan cara membudidayakan atau memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong dahan induk tumbuhan.

Tujuannya agar tanaman yang akan dibudidayakan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. Ini berbeda pada pengembangbiakan yang dilakukan dengan cara menanam biji. Hasil yang didapat biasanya tidak sama dengan induknya. Dilansir dari ccn Indonesia.com.

Berikut tanaman hias yang bisa dicangkok.

1. Aglaonema

Foto: iStockphoto/artpritsadee
Aglaonema adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

Aglaonema termasuk tanaman hias yang banyak diminati untuk dipelihara. Berasal dari genus araceae atau talas-talasan, dengan ciri khas warna merah terang dominan pada daunya.

Perawatan aglaonema tergolong kompleks. Anda harus menjauhkan tanaman terkena sinar matahari langsung, jangan terlalu sering disiram dan jaga kelembapan tanaman.

Baca Juga : Periksa Kulkas Hanya Ada Telur, Boleh Dicoba Ni Resep Telur Ceplok Kari

2. Mawar

Foto: iStockphoto/deepblue4you
Mawar adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

Memelihara induk mawar dengan lembar bunga yang rimbun tidak hanya menarik dan cantik namun sayang jika tidak dibudidayakan.

Perawatan mawar cukup sederhana, semprotkan tanah dan bunga secukupnya, letakkan mawar di tempat cukup sinar matahari, rutin memangkas dahan dan ranting, campurkan pupuk kandang dengan tanah.

3. Kamboja Jepang

Foto: iStockphoto/ChandraDhas
Kamboja jepang adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

Kamboja Jepang atau Adenium Obesum merupakan tanaman hias berbatang besar dengan bonggol bawah yang menyerupai umbi.

Perawatan kamboja jepang cukup mudah, tanaman hias berbunga ini sangat menyukai matahari karenanya tak perlu khawatir tanaman akan mengering dan layu.

Sebaliknya jika diletakkan pada tempat lembap, tanaman ini sulit bertumbuh dengan baik. Media tanah yang cocok untuk kamboja jepang adalah pasir, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, dan cocopeat.

 

Baca Juga : Tips Pemupukan Agar Cabe Rawit yang ditanam di rumah Tumbuh Memiliki Buah Yang Lebat

4. Bougenville

Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Bougenville adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

Bougenville disebut juga sebagai bunga kertas yang umum ditanam pada pekarangan rumah. Merawat bougenville perlu ketelatenan sebabnya harus rutin memangkas agar nutrisi tidak menyebar ke daun yang menyebabkan bougenville sulit berbunga.

Bougenville juga menyukai sinar matahari langsung, karenanya jika menanam pada pot, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

5. Palem Merah

Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Palem Merah adalah tanaman hias yang bisa dicangkok.

Palem Merah atau Cyrtostachys Lakka memiliki bentuk sedikit nyentrik dengan batang berwarna merah dan daun berwarna hijau cemerlang, bersirip agak melengkung dengan anak daun yang terlihat agak kaku.

Palem merah cukup disiram secukupnya sebanyak satu kali pada pagi atau sore, serta diberi pupuk seminggu sekali. Jangan lupa untuk selalu meletakkannya pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.
Itulah tanaman hias yang bisa dicangkok. Informasi mengenai jenis dan cara tanaman hias dicangkok dapat membantu membudidayakan tanaman hias kesayangan Anda. Semoga membantu.

Pos terkait