Satu Informasi Untuk Nusantara !

Ternyata Ini Kebiasaan Yang Bikin Susah Menabung. Kamu Salah Satunya ?

2 min read

Ilustrasi-dompet-kosong

LIFESTYLE, KABARNUSANTARA.ID – Adanya tabungan bisa jadi ban serep bila sewaktu-waktu ada hal tak terduga dan itu membutuhkan dana tidak sedikit. Menabung juga bisa ditujukan saat kamu hendak membeli sesuatu sehingga gak perlu berhutang. Inilah mengapa menabung itu penting.

Sekarang banyak pekerja yang mengeluhkan sulit menabung padahal gaji sebenarnya cukup. Bukan karena masalah gajinya melainkan pengaturannya yang belum tepat.

Berikut ini akan diulas beberapa kebiasaan sepele ternyata bikin kamu jadi boros sehingga susah menabung. Mari kita simak !

1. Keseringan jajan

Siapa nih yang sering jajan ? Satu botol minuman manis dingin memang tampak gak seberapa harganya. Tapi, jika kamu beli setiap hari bakal lumayan juga lho akumulasinya. Harusnya uang tersebut kita tabung agar bisa banyak, bukan malah ludes begitu saja.

2. Kalap diskon

Diskon memang bisa membuatmu berhemat. Apalagi diskon Shopee itutuh ujian banget. Tapi, dengan catatan barang diskon tersebut sesuai dengan apa yang hendak kamu beli. Bukan karena lihat sedang diskon akhirnya jadi beli barang yang gak kamu rencanakan sebelumnya.

Perilaku kalap diskon atau istilahnya belanja impulsif inilah yang sering membuat gajimu cuma numpang lewat. Padahal, jika dipikir-pikir diskon itu selalu ada, lho. Jadi, jangan takut melewatkan kesempatan diskon, ya.

3. Ke mana-mana bawa mobil sendiri

Mengendarai mobil sendiri memang lebih nyaman. Tapi, kamu harus perhatikan juga ongkos bensin serta parkirnya. Kendati jumlahnya tampak sedikit, coba deh dikalkulasikan, pasti nominalnya akan jadi besar.

4. Malas bawa bekal makanan

Gak perlu malu untuk membawa bekal makanan karena mengira mirip anak sekolah jadinya. Membawa bekal dari rumah bisa menghemat lho, dan dananya bisa kamu masukan ke tabungan.

Begitu pula dengan air minum. Daripada beli air minum dalam kemasan mending sediakan botol dari rumah. Setelah habis, kan bisa diisi ulang di kantor.

5. Hobi merokok

Kebiasaan ini cukup miris. Gak jarang banyak yang mengeluhkan bayar SPP sekolah anaknya, tapi merokoknya kuat. Padahal, jika di kalkulasikan jumlah uang yang dihabiskan untuk rokok bisa dua kali lipat uang SPP.

Bayangkan bila kamu mampu berhenti merokok. Kesehatan lebih terjaga, bisa bikin kantong lebih tebal juga karena banyak yang dapat dihemat.

Itu dia beberapa kebiasaan sepele yang dapat menguras dompet. Ada yang sering kamu lakukan? Segera ubah, ya.

Tinggalkan Balasan