Satu Informasi Untuk Nusantara !

Harimau Benggala Jadi Kado Akhir Tahun Taman Satwa Cikembulan

2 min read

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Di akhir Tahu 2022 atau dua jari jelang tahun baru 2023 ini Taman Satwa Cikembulan mendapat kado istimewa berupa harimau Benggala yang didatangkan dari kebun binatang Maharani zoo & goa Lamongan, Jawa timur.

” Harimau ini bukan jenis yang dilindungi, namun jadi pelengkap taman satwa Cikembulan, sepintas waena lorengnya nyaris sama dengan Harimau Sumatra, tubuhnya lebih besar”, jelas Manager Taman Satwa Cikembulan Kadungora Garut,  Rudy Aripin, SE, Sabtu (3112/2022).

Dikatakannya, dalam beberapa hari  ini harimau asli India itu belum bisa ditonton oleh pengunjung karena masih dikarantina sebagai upaya adaptasi dengan lingkungan barunya.

Dikatakannya pula, pada momentum tahun baru 2023 yang jatuh pada hari Minggu ,  Taman Satwa Cikembulan (TSC) Kadungora  bakal menghadirkan artis lokal yang punya suara melengking yakni Deden Rocker, pria asal  Garut untuk menghibur para pengunjung.

Rudy juga mengatakan, saat ini kondisi satwa di tempat wisata dan konservasi yang dikelolanya dalam keadaan sehat, meskipun cuaca dingin dan hujan bisa mengganggu kesehatan satawa.

” Dalam cuaca seperti sekarang ini jangankan binatang, manusiapun mudah terserang penyakit, makanya satwa yang ada di sini rutin dilakukan vaksinasi agar tetap sehat dan bugar,” ungkapnya. .

Disebutkannya, meski belum ada fasilitas-fasilitas yang baru, namun  pihaknya saat ini meluncurkan program yang mengikutsertakan pengunjung untuk memberikan pakan.

“Kita belum ada yang baru cuma nanti ada program misalkan kalau tidak ada halangan ya kita lihat cuaca juga kita ada feeding singa, ya feeding itu memberi makan langsung kepada singa kepada singa kebetulan momentumnya bagus,” katanya.

Baru-baru ini juga kata Rudi, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono sempat memberi makan kepada singa.

” Beberapa hari lalu Pak Kapolres berkunjung ke sini dan sempat memberi makan singa,” ucapnya.

Ditambahkan Rudy, jumlah pengunjung ke TSC pada libur sekolah, Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan sekitar 60 persen.

” Kalau dari jumlah dibanding tahun lalu memang ada kenaikan, tahun kemarin kan masih berlaku PPKM, sekarang sudah longgar. Tapi di tempat kami masih tetap Prokesnya dijalankan walaupun tidak seketat tahun lalu, kami sediakan alat prokesnya seperti alat cuci tangan, hand sanitizer dan lain lain,” imbuhnya

Selain itu ada program terbaru yakni pendidikan luar sekolah (PLS) untuk menambah pengetahuan tentang satwa yang ada di TSC bagi murid sekolah.

Di sini para siswa dibimbing mulai dari pintu masuk hingga keliling ke kandang kandang satwa dengan bimbingan perugas khusus.  (Jay).


Tinggalkan Balasan