Satu Informasi Untuk Nusantara !

Di Milad ke 22 Baznas Garut Targetkan Rp. 16 M

4 min read

GARUT,KABARNUSANTARA.ID- Hari Selasa, 17 Januari 2023 Badan Amil Zakat Nasional  (Baznas)  Kabupate Garut menyelenggarkan berbagai kegiatan seperti memberikan bantuan  kepada warga kurang mampu, penganugrahan atau Baznas Award dan lain lain.

Tahun ini Baznas Garut Menargetkan pengumpulan Zis tahun ini sebesar Rp. 16 milyar, sedangkan tahun 2022 sebesar Rp. 9 milyar.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman berharap adanya peningkatan pengelolaan zakat oleh Baznas Kabupaten Garut. Salahsatunya dapat dimulai dengan mensosialisasikan zakat ke berbagai kalangan.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Baznas  ke-22, di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut,Jawa Barat  Selasa (17/01/2023).

Dengan mensosialisasikan zakat ke berbagai kalangan, kata Helmi, masyarakat yang sudah berzakat dapat terus berzakat, dan yang sudah mampu berzakat dan belum berzakat dapat segera menyisihkan 2,5% hartanya untuk berzakat.

“Atau mungkin yang tidak mampu yang asalnya tidak mampu kemudian menjadi muzaki ini juga harus kita tampung disini, di samping juga untuk penyaluran kepada mustahik ya kita berharap juga bahwa ini bisa lebih tepat sasaran bisa lebih kan. Tadi saya sampaikan ada kemiskinan ekstrim yang menjadi prioritas kita bersama,” ucap Wabup Garut.

Sementara terkait Peraturan Bupati (Perbup) terkait Pengelolaan Zakat, Wabup Garut mengatakan, Perbup tersebut saat ini sudah selesai dan sedang dilakukan evaluasi di tingkat provinsi. Ia menyampaikan, bahwa dalam Perbup tersebut nantinya ada ekspansi yaitu tidak hanya kalangan PNS namun pengusaha-pengusaha lain di luar pemerintah daerah dapat menyalurkan zakatnya melalui Baznas

“Nah untuk yang PNS kita memang potensi udah udah 40% udah bisa di gali dari sini dari potensi 24 miliar kita sudah 9,3 miliar. Dari sekarang pun kalau PNS dianjurkan terus ya. Nah yang di luar PNS menunggu Perbup itu,” tututnya.

Sementara itu, ketua Baznas Garut, Abdullah Effendi mengungkapkan, HUT Baznas yang ke-22 tahun 2023 yang dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Baznas RI, sehingga acara dalam rangka HUT Baznas yang ke-22 ini bisa digelar.

“HUT Bznas terhitung 22 tahun dari sejak berdirinya Baznas tingkat pusat dengan Keppres Bapak Presiden K.H Abdurrahman Wahid,” ungkapnya.

Saat itu, lanjut Effendi, metamorfosa Baznas yaitu bermula dari Bazda, Bazis, dan UU No. 23 dari pusat sampai Provinsi, Kabupaten, dan Kota menjadi Badan Amil Zakat Nasional sebagai lembaga pemerintah non struktural.

“Selain secara virtual zoom, di Garut diadakan juga di Pendopo dalam rangka ada Baznas Award dan mereka mengacungkan jempol kegiatan di Garut ini mensinergikan antara khususnya Pak Bupati dengan jajarannya untuk mendukung gerakan kebangkitan zakat,” jelasnya.

Acara HUT Baznas kali ini juga dilaksanakan Khatmul Qur’an, pemberian santunan kepada yatim dan duafa yang dibagikan kepada lima orang, khitanan massal kepada tiga orang, serta penyaluran program Baznas diantaranya Garut cerdas, Garut sehat, Garut Taqwa, Garut Peduli, dan Garut Makmur.

“Harapan ke depan dengan tema “Berkah Berzakat: Terima Kasih Muzaki Terima Kasih Mustahik” mudah-mudahan kami sebagai pengelola, sebagai Amil Zakat menambah lagi kepercayaan Muzaki, calon Muzaki  untuk berzakat ke BAZNAS,” ungkapnya

Ia juga mengungkapkan harapannya kepada Bupati Garut beserta jajarannya untuk segera menerbitkan Perbup tentang zakat agar selaras dengan visi Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut yaitu Garut Bertakwa, Maju, dan sejahtera.

Ia menjelaskan, tahun 2022 melalui BAZNAS telah terhimpun 9,3 miliar, baik zakat maupun gerakan infaq lainnya dan tahun ini telah tersalurkan sekitar 7,3 miliyar rupiah.

“Mudah-mudahan ke depannya potensi dalam zakat 2023 kami adalah mencapai 16M, sehingga kalau dananya terkumpul lebih besar dari pada Muzaki dan para muwaqif nanti manfaatnya lebih besar, sehingga bisa dirasakan oleh pemerintah daerah dalam hal membantu kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga Bupati Garut, Rudy Gunawan, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut, Cece Hidayat dinobatkan sebagai Duta Baznas Kabupaten Garut.

Adapun Daftar Penerima Penghargaan Baznas Garut Award 2023 adalah sebagai berikut:

– UPZ SKPD/Lembaga Vertikal/BUMD
1. Kategori UPZ Penghimpun Dana ZIS Terbesar – UPZ Dinas Pendidikan
2. Kategori UPZ dengan Pelaporan Penghimpunan ZIS Terbaik – UPZ Dinas Kesehatan
3. Kategori UPZ dengan Penyerapan Sumber Dana Penghimpunan ZIS Terbaik – UPZ DPMD
4. Kategori UPZ TELADAN (Penghimpunan ZIS Bersumber dari Gaji dan TPP) – UPZ Dinas Pertanian

– UPZ Kecamatan
1. Kategori UPZ Penghimpun Dana ZIS Terbesar – UPZ Kecamatan Garut Kota
2. Kategori UPZ Peduli Kebencanaan Terbesar – UPZ Kecamatan Kersamanah
3. Kategori UPZ Penghimpun Dana Kupon Infaq Terbaik – UPZ Kecamatan Garut Kota
4. Kategori UPZ dengan Pelaporan Penghimpunan ZIS Terbaik – UPZ Kecamatan Samarang
5. Kategori UPZ dengan Penyerapan Sumber Dana Penghimpunan ZIS Terbaik – UPZ Kersamanah
6. Kategori UPZ TELADAN (Penghimpunan ZIS Bersumber dari Gaji dan TPP) – UPZ Kecamatan Cisompet

– Ketua UPZ Teraktif
1. H. Jakaria, S.Sos.,M.Si (Ketua UPZ Dinas Kesehatan)
2. Ma’mun Gunawan,S.ag (Ketua UPZ Kecamatan Cigedug)

– Penghargaan Media Partner (Instagram) dalam Mendukung Syiar Baznas
1. Jajanan Garut (Boby Firdaus)
2. Info Garut (Agung Syahputra)

– Muzaki Perorangan Teraktif
1. Hj. Eneng Indra Sartika, S.Ag
2. Tresna Intan Utami
3. Ir. H. Darwin
4. Yulia Widyanti, SE
5. Yuningsih, S.Pd., MM
6. Susana Widyanita, S.E., MM
7.  Endang Haerudin
8. Mulia Kartiwi, SH., MM
9. Mary Rosemary., S.Pd
10. Andres Pradesta

– Muzaki Badan Teraktif
1. PT. Karisma Group
2. CV. Pancanur
3. Koperasi Pengayoman Rutan Kelas IIB Garut
4. Koperasi Warga Kemenag Hikmat Kabupaten Garut
5. Ban BJB Syariah KCP Garut
6. CV. Suriadipraja
7. Percetakan Orange
8. Paguyuban Kreasi Difabel Bandung
9. Shininglook_Byeno
10. Munaa Hijab Distributor Dalanova
11. Makroni Garut Makarena
12. PT. Ney Wijaya Collection

– Best Achievement
1. Pelopor Desa Sadar Zakat – Desa Kramatwangi Kecamatan Cikajang
2. Pelopor Gerakan Infaq di Sekolah/Madrasah – UPZ MAN 1 Garut & UPZ SMKS Bhakti Adi Husodo
3. UPZ Non Institusi Teraktif – UPZ Berdaya Foundation
4. UPZ Pengumpul Zakat Perusahaan (Rekanan) Teraktif – UPZ Diskanak.

Acara Ultah Baznas di Gedung Pendopo Garut itu berlangsung meriah. (Jay).

Tinggalkan Balasan