6 Kuliner Cirebon yang Paling Terkenal, Enak dan Bikin Ketagihan

  • Whatsapp
Ilustrasi Kota Cirebon. (Dok.Unsplash/ Eiliv-Sonas Aceron)

KABARNUSANTARA.ID – Jakarta Melakukan kunjungan wisata ke kota Cirebon, wajib banget mencicipi kuliner Cirebon yang terkenal. Makanan di kota Para Wali ini dikenal punya cita rasa yang enak dan bikin nagih, khas banget.

Mayoritas kuliner Cirebon rasanya gurih, asam, dan manis. Untuk berwisata kuliner di sini, pengunjung bisa menemukannya di sepanjang jalan kota, pasar, dan sekitar tempat wisata. Harganya pun terjangkau, ramah dikantong para pelancong.

Bacaan Lainnya

Salah satu kota di provinsi Jawa Barat ini berdasarkan catatan sejarah diduduki oleh sekelompok masyarakat Sunda, Jawa, Tionghoa, sampai Arab. Hal ini yang membuat kuliner Cirebon wajib dicoba, berasal dari paduan aneka macam budaya sejak zaman kolonial Belanda.

Berikut Dilansir dari Liputan6.com ulas kuliner Cirebon, Jawa Barat yang terkenal dari berbagai sumber, Kamis (18/3/2021).

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud merupakan salah satu kuliner Cirebon yang terkenal dan wajib kamu kunjungi. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai macam menu empal gentong yang sangat enak. Bahkan daging dalam empal gentong ini terasa empuk dan tidak keras.

Tak hanya empal gentong, di tempat kuliner Cirebon yang terkenal ini pun terdapat menu empal asem. Rasa kuah empal asemnya pun sangat menyegarkan, berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan. Kamu juga bisa menikmati empal ini dengan menggunakan lontong dan nasi.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan kuliner Cirebon yang terkenal dan ada cukup lama, bahkan sampai di luar daerah Cirebon. Tahu Gejrot sendiri dibuat dari tahu pong atau tahu kosong yang dipotong-potong kecil, kemudian diguyur dengan kuah cuka dan kombinasi cabai dan bumbu-bumbu lainnya.

Tahu Gejrot sangat khas dengan rasanya yang asam manis pedas. Jika ingin menikmati kuliner Cirebon yang terkenal ini, tidak perlu susah-susah untuk mencarinya karena Tahu Gejrot banyak dijual di jalan-jalan Cirebon, pasar, tempat wisata, hingga di sentra oleh-oleh khas Cirebon.

Seafood H. Moel

Cirebon merupakan kota pesisir, yang tentunya sajian seafood segar di sini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berbagai sajian seafood yang menggugah selera bisa kamu temukan di Cirebon. Salah satu tempat kuliner Cirebon yang terkenal sajian seafood-nya adalah Rumah Makan Haji Moel.

Menu wajib yang harus kamu cicipi di tempat kuliner Cirebon yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini adalah adalah kepiting saus padang-nya yang membuat kamu tak ingin berhenti menyeruput cangkangnya.

Tidak hanya seafood saja, tempat kuliner Cirebon ini pun menyajikan Chinese food, seperti kwetiau goreng, kwetiau rebus, hingga capcai. Sedangkan berbagai olahan seafood yang biasanya dipesan adalah udang saus tiram, sate cumi, gurame goreng, kerang rebus, dan lain-lain.

Mi Koclok Mang Sam

Mi Koclok Mang Sam merupakan kuliner Cirebon yang usianya sudah lebih dari setengah abad. Sepiring mie berukuran besar disiram dengan kuah kental bersantan sehingga rasanya gurih dapat kamu nikmati di tempat ini. Selain mie koclok, gado-gadonya juga tak kalah menggoda. Setelah diberi bumbu kacang, gado-gado juga disiram dengan kuah mie koclok.

Es Cuwir

Cuwing atau cuing adalah sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau (Tiliacora triandra). Es cuwing dari kuliner Cirebon ini memiliki kuah santan yang lebih pekat dengan tambahan sirup dan gula merah. Kadang masih dilengkapi dengan ‘pernak-pernik’ seperti cendol sagu, kental manis, atau kelapa muda.

Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur merupakan kuliner Cirebon yang sudah terkenal sejak dulu dan selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, tempat kuliner Cirebon yang selalu ramai ini menyediakan sajian utama, yakni nasi jamblang.

Nasi jamblang merupakan nasi yang diberikan alas daun jati. Untuk lauknya, tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya. Nasi Jamblang ini terkenal dengan aromanya yang wangi.