WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Cara Gampang Bikin Cantik Pohon Natal

3 min read

Foto: iStockphoto/Maryna Andriichenko ilustrasi. Cara menghias pohon Natal yang bagus dengan memilih dekorasi yang tepat

JAKARTA, KABARNUSNATARA.ID – Menjelang tanggal 25 Pohon Natal menjadi salah satu ornamen khas yang wajib ada dalam perayaan yang diperingati tiap 25 Desember. Secara umum, jenis pohon yang digunakan adalah berjenis cemara dan pinus.

Pohon Natal juga berdiri tegak di sudut rumah menjadi simbol kebanggaan dan kegembiraan pemiliknya selama masa perayaan ini. Tetapi nyatanya, mendekorasi pohon Natal tak semudah yang kita bayangannya.

Bahkan cara menghias pohon Natal yang bagus pun tak asal-asalan. Karena ada banyak pernak-pernik, ornamen, dan lampu, pita, yang harus dipasang dan diseimbangkan agar tampilan pohon Natal terhias sempurna nan elegan.

Disini anda juga harus mempersiapkan alat yang tepat agar proses dekorasinya cepat, aman, dan tak ada kendala.

Peralatan yang wajib ada untuk menghias pohon Natal tersebut antara lain sarung tangan katun agar kulit tak tergores saat membengkokkan cabang, dan tangga kokoh atau bangku pijakan untuk memasang ornamen di bagian atas pohon.

Jika semua alat dan persiapannya sudah tersedia, simak cara menghias pohon Natal berikut agar sesuai dengan tema yang Anda inginkan.

Dalam mengetahui konsep yang akan dipilih ini akan menentukan langkah Anda selanjutnya dalam menggunakan ornamen dan hiasan lainnya untuk pohon Natal. Misalnya Anda mau menggunakan konsep Natal dengan kilau warna emas, maka pernak-pernik yang dipilih berwarna keemasan, cokelat, oranye, atau warna lain yang segradasi.

Jika ingin mengusung white Christmas, maka Anda bisa menggabungkan ornamen silver dan putih serta dikombinasikan dengan lampu sinar putih atau warm white agar warnanya senada.

Tema lain juga yang bisa dipertimbangkan untuk nuansa pohon Natal yang elegan adalah rustic Christmas yang mengekspos warna cokelat, abu-abu, krem, dan putih. Kemudian konsep Natal tradisional dengan menonjolkan kombinasi hijau, merah, dan emas.

Blue Christmas dengan konsep pohon dan ornamen biru-putih. Selanjutnya, tema modern atau glamor sesuai preferensi masing-masing. Menghaluskan cabang pohon membuat kesan pohon Natal Anda terlihat lebih penuh dan alami.

Mengutip House Beautiful, sebelum mulai menghias, langkah ini tak boleh terlewat karena pohon pasti kehilangan bentuknya aslinya usai disimpan dalam kotak selama nyaris setahun.

Meski pekerjaan ini sangat memakan waktu, tetapi percayalah hasil akhirnya akan membuat pohon tampak rimbun, hidup, dan lebih alami.

Anda bisa pisahkan setiap dahan sehingga cabang-cabangnya menyebar. Tujuannya untuk menutupi area atau sela-sela kosong pada pohon yang tentunya sangat dihindari.

Jangan ragu untuk membengkokkan cabang untuk mengisi atau menutup celah yang tampak kosong.

Semewah-mewahnya hiasan pohon Natal Anda, jika pohon tidak dibentuk dengan tepat akan membuat tampilannya kurang menarik.

Berdasarkan tema yang telah ditentukan, Anda bisa memilih jenis, warna, dan bentuk dari hiasan pohon, pita, atau dekorasi lainnya yang sesuai dengan tema. Dekorasi harus sesuai karena akan disatukan menjadi tampilan utuh pohon Anda.

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan hiasan dalam satu set yang mencakup berbagai bentuk, ukuran, bahkan aksen dan desain. Anda juga bisa mengombinasikan hiasan baru itu dengan sedikit pernak-pernik tradisional yang dimiliki seperti miniatur lonceng, kaus kaki, atau santa.

Cara menghias pohon natal yang bagus selanjutnya adalah memilih ornamen. Konsultan desain Balsam Hill Brad Schmidt menyarankan untuk mengelompokkan pernak-pernik sesuai dengan ukurannya.

Setidaknya dengan membagi ke dalam 3 bagian–besar, sedang, kecil–dapat memberi kesan rapi dan menambah daya tarik visual pohon Natal.
Anda juga bisa mengelompokkannya berdasarkan potongan atau bentuk maupun warna yang sama.

Agar lebih mudah, gelar semuanya di atas lantai agar Anda bisa leluasa melihatnya. Kemudian sortir menyortir ornamen berdasarkan kategori serupa. Dengan demikian, tugas Anda lebih efisien dan tak ada pernak-pernik yang tertinggal.

Setelah dikelompokkan, Anda bisa mulai menggantung pernak-pernik dari yang ukuran paling besar di sebelah dalam pohon, sementara semakin ke ujung cabang, pilih ornamen yang semakin kecil untuk menyeimbangkan tampilan.

Tinggalkan Balasan