WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Cara Penyembelihan Hewan Qurban  di Perum Puri Gandasari

1 min read

GARUT, KABARNUSANTARA.ID- Makin dekatnya pelaksanaan Iedul Qurban atau Iedul Adha yang diperkirakan jatuh pada Ahad 10 Juli 2022 mendatang. Pengurus DKM Mesjid Baitul Fatah Perum Puri Gandasari, Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu menyelenggarakan pelatihan cara penyembelihan hewan qurban yang baik dan halal.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Pimpinan Daerah (PD) Juru Sembelih Halal (Juleha) Kabupaten Garut. Acara diikuti sekitar 50 peserta perwakilan pengurus DKM mesjid mesjid yang ada di wilyah Desa Mangkurakyat.

” Kegiatan ini kami selenggarakan dengan maksud agar masyarakat memiliki bekal pengetahuan bagaimana cara menyembelih hewan qurban dengan benar, baik dan halal.  Qurban ini ibadah, tata caranyapun harus sesuai syareat supaya halal, supaya ibadahnya itu sampai,” terang Ketua DKM Baitul Fatah, Agus Hilman, Ahad (03/07/2022).

Para pemateri dari PD Juleha, memberikan pengetahuan meliputi aspek ibadah qurban, tata cara perlakuan terhadap hewan qurban, proses penyembelihan, menguliti, pengelolaan daging qurban dan lain sebagainya.

” Proses penyembelihan ini harus baik dan halal, karena itu tidak boleh asal asalan supaya dagingnya halal, enak empuk, tidak bau dan protein atau gijinya juga baik,” ujar pemateri.

Yayat (52) yang sudah lama menjadi juru sembelih pada saat Iedul Adha, mengaku puas dengan materi latiha yang disampaikan hampir 3 jam itu.

” Alhamdulillah menambah pengetahuan yang luar biasa dari pelatihan ini, saya kan tugasnya selain menyembelih juga nyisit kulit ( mengkuliti). Terima kasih kepada pengurus DKM dan pemateri dari Juleha,” ujarnya.

Pengurus DKM Baitul Fatah menargetkan 100 peserta, namun dikarenakan acaranya mendadak, yang hadir hanya setengahnya. Acara ini digelar tanpa dipungut biaya kepada para peserta. (Jay)

Tinggalkan Balasan