WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Membanggakan, PKBM Gentra Sawargi Cilawu Laksanakan UNBK Mandiri

2 min read

Peserta ujian kesetaraan paket B dan Paket C tengah melaksanakan UNBK di PKBM Gentra Sawargi, Minggu (14/4/2019). (Foto: Jay Wijaya/ Kabar Nusantara)


GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Gentra Sawargi di Kampung Cikancung, Desa Margalaksana, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, memang membanggakan. Pasalnya, merupakan satu-satunya PKBM di Kabupaten Garut yang sudah mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri.

Kepala PKBM Gentra Sawargi, Drs. Acun Gunadi mengatakan, memang banyak PKBM yang sudah menyelenggarakan UNBK, namun pelaksanaanya masih ikut di sekolah formal.

Baca juga:

Serukan Pemilu Damai, Hima Persis Gelar Tabligh Akbar dan Santuni Warga

“Cuma Gentra Sawargi saja yang sudah mandiri,” tuturnya ditemui saat meninjau pelaksanaan UNBK di PKBM yang dipimpinnya, Minggu (14/08/2019).

Menurut Acun, PKBM Gentra Sawargi menyelenggarakan UNBK mandiri sudah tahun kedua.

“Tahun kemarin pun di sini sudah UNBK,” ungkapnya.

Untuk tahun ini UNBK di PKBM Gentra Sawargi diikuti 30 peserta, terdiri dari 9 orang peserta kesetaraan paket B (setingkat SMP), dan 21 kesetaraan paket C (setingkat SMA), dengan peserta tertua berusia 38 tahun.

Baca juga :

Pebulutangkis Liliyana Natsir Resmi Jadi CPNS di Kemenpora

“Warga Garut yang belum memiliki ijazah setara SMP dan SMA itu masih cukup banyak. Makanya diperlukan perhatian pemerintah terhadap pendidikan non formal seperti PKBM, baik untuk sarana prasarananya, maupun kesejahteraan pengelola dan staf pengajarnya,” katanya.

Acun mengaku pernah mendengar ada anggaran bantuan untuk PKBM dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Namun hingga kini Acun tak pernah menerima sepeser pun.

“Katanya ada anggaran, tapi selama ini kami dan pengelola PKBM yang lain tak pernah menerima dana tersebut,” ujar mantan pengajar di SMPN 1 Kecamatan Cilawu ini.

Namun ia bersyukur karena tahun ini mendapat bantuan 10 unit komputer dari pemerintah. Maka dengan bantuan itu, komputer di PKBM Gentra Sawargi totalnya menjadi 20 unit dengan yang sudah dimiliki sebelumnya. Selain itu, sambung Acun, lembaganya pun sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Reporter :Jay
Editor :Mustika

Tinggalkan Balasan