Dalam Workshop Penajaman Program Gentra Karya Garut Kurangi Angka Pengangguran

  • Whatsapp

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Dalam acara Workshop Gerakan Tenaga Kerja Berkarya (Gentra Karya) yang dicetuskan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut, Jawa Barat, secara khusus Bupati Garut H Rudy Gunawan berharap kegiatan ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi penurunan angka pengangguran di kabupaten Garut.

“Dengan program pentahelix yang menggabungkan program dengan unsur Perguruan Tinggi, Pelaku Usaha, Pemerintah dan Pers, dalam rangka gerakan berkarya menurunkan angka pengangguran di kabupaten Garut,” ujar Rudy Gunawan Selasa (14/09/2021) pagi di sebuah hotel berbintang di kawasan Cipanas Garut.

Selain itu Rudy juga berharap adanya ketertarikan pengusaha besar yang berminat investasi sehingga dapat menurunkan angka pengangguran melalui Gentra Karya, sehingga mampu meningkatkan pendapatan perkapita di Kabupaten Garut.

“Maka dari itu Pemkab Garut sangat mendukung program inovasi Disnaker Garut dalam mengatasi peningkatan investasi, pendapatan perkapita dan menurunkan angka pengangguran melalui Program Gentra Karya.

Sedangkan disisi lain Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Garut Erna Sugiati menyampaikan, Gentra Karya ini merupakan satu program Inovasi dalam mengatasi angka pengangguran yang semakin tahun terus bertambah.

“Keinginan untuk menurunkan angka pengangguran dari 8,9 menjadi 6.91 dengan melibatkan seluruh Stakehokder yang ada di Kabupaten Garut, Pengusaha, Pemerintah, media melalui Pentahelix,” jelasnya.

Pihak Disnakertrans mengajak semuanya elemen terlibat dalam mengatasi pengangguran ini melalui bekerja dan berkarya melalui keterampilan yang dimiliki.

” Bisa dengan berbagai cara salah aatunya melalui wirausaha, sehingga membuka lowongan kerja di daerah, atau membuka investasi yang bisa membuka lowongan kerja dengan luas bagi warga Kabupaten Garut” tutupnya.