Varian Corona B117 Diklaim Lebih Mematikan Dari Covid-19 Biasa

  • Whatsapp

KABARNUSANTARA.ID – Sebuah penelitian mengenai varian baru virus Corona B117 yang berasal dari Inggris menyebutkan bahwa varian baru virus ini lebih dari 30 hingga 100 persen lebih mematikan dibanding jenis Covid-19 yang biasa.

Dikutip dari laman detik.com, sebuah penelitian membandingkan tingkat kematian di antara orang-orang di Inggris yang terinfeksi dengan varian B117 dan yang terinfeksi jenis biasa menunjukkan bahwa varian baru ini memiliki tingkat kematian yang “secara signifikan lebih tinggi”.

Bacaan Lainnya

Dalam studi di Inggris yang diterbitkan dalam British Medical Journal, infeksi dengan varian baru menyebabkan 227 kematian dalam sampel dari 54.906 pasien COVID-19, dibandingkan dengan 141 di antara jumlah pasien yang sama yang terinfeksi dengan varian lain atau sebelum mutasi.

“Ditambah dengan kemampuannya untuk menyebar dengan cepat, ini membuat B117 menjadi ancaman yang harus ditanggapi dengan serius,” jelas Robert Challen, peneliti di Exeter University yang ikut memimpin penelitian.

Virus B117 ini diketahui memiliki 23 mutasi dalam kode genetiknya. Jumlah mutasi yang terjadi relatif tinggi dan beberapa di antaranya membuatnya jauh lebih mudah menular. Selain itu, ilmuwan Inggris mengatakan sekitar 40 hingga 70 persen lebih mudah ditularkan daripada varian virus Corona biasa yang pertama kali muncul di Wuhan.

Varian B117 pertama kali terdeteksi di Inggris pada September 2020 lalu, dan telah ditemukan di lebih dari 100 negara. Di Indonesia, varian ini pertama kali ditemukan dari dua orang warga Karawang yang mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri. Hingga kini tercatat ada 6 kasus Corona B117 di Indonesia, 3 di antaranya ditemukan di DKI Jakarta.

Pos terkait