Tunggangi Motor, Ridwan Kamil Turun Langsung Kawal Vaksinasi Perdana Di RSHS Bandung

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (7/1/2021).(KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI)

KABARNUSANTARA.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Terjun Langsung datangi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk memantau suasana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 perdana di Provinsi Jabar.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu tiba di RSHS Bandung sekitar pukul 09.35 WIB dengan mengendarai sepeda motor Honda ADV bernomor polisi D 4079 ZOO.

Bacaan Lainnya

Selain memantau langsung vaksinasi COVID-19, kehadiran Kang Emil sekaligus untuk mendampingi sejumlah tokoh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar yang divaksin, seperti Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum; Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dhofiri, Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafe’i, dan tokoh lainnya.

Dalam sambutannya, Kang Emil meyakinkan bahwa penyuntikan vaksin diawali dengan prosedur kesehatan yang harus dijalani oleh seluruh peserta vaksinasi untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Prosedur pertama adalah pengecekan kesehatan. Itu yang akan menentukan secara fisik di pagi ini, fit atau tidak untuk dilakukan penyuntikan. Tidak akan vaksinasi kalau kondisi kesehatannya tidak memungkinkan,” katanya.

Berdasarkan pantauan, awak media tidak diperkenankan meliput langsung kegiatan vaksinasi yang digelar di Paviliun Parahyangan RSHS tersebut dengan alasan kapasitas ruangan yang terbatas dan menghindari kerumunan.

Awak media hanya bisa memantau pelaksanaan vaksinasi dari layar televisi yang ditempatkan di depan lobi Paviliun Parahyangan RSHS Bandung yang dilansir dari Sindonews.com.

Hingga pukul 9.50 WIB, Wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Ketua MUI Jabar, serta sejumlah tokoh lainnya telah memasuki ruangan dan menjalani sejumlah prosedur kesehatan, mulai skrining, anamnesis, pemeriksaan fisik sederhana, dan identifikasi kondisi penyakit penyerta.

Diketahui, Uu Ruzhanul Ulum menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac dalam vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jabar. Adapun Ridwan Kamil tidak mengikuti vaksinasi karena menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin Sinovac.