WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Tak Bisa Diragukan Lagi Keindahan Dan Keelokan Pulau Lengkuas dari Mercusuar Zaman Belanda

2 min read

Keelokan Pulau Lengkuas dari Mercusuar Jaman Belanda. ©2021 Merdeka.com

KABARNUSANTARA. Kepulau Bangka Belitung selain terkenal dengan pantai dengan bebatuan raksasa, ada juga destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi yakni Pulau Lengkuas. Tak hanya sekedar pulau dengan air laut, pasir dan pohon kelapa. Pulau ini unik karena memiliki sebuah Mercusuar kuno peninggalan Belanda di dalamnya.

Pemandangan yang nampak dari atas mercusuar ketinggian 60 meter, terlihat gradasi laut biru kehijauan. Di tepi pantai terdapat bebatuan granit raksasa yang dilengkapi dengan pohon kelapa. Pasir putih yang membentang di sepanjang pantai membuat pulau ini semakin menawan. Kamu akan dibuat takjub dengan keelokan Pulau Lengkuas.

Setelah melewati 17 lantai dengan jumlah anak tangga antara 11-19 tiap lantainya, perjuanganmu akan terbayar oleh panorama Pulau Lengkuas dari ketinggian. Rasa letih seolah sirna saat merasakan terpaan angin pantai menambah yang menyejukkan saat berada di ketinggian mercusuar yang berdiri sejak tahun 1882.

Pada ketinggian ini kamu juga bisa melihat sistem penerangan sebuah mercusuar untuk memandu kapal yang lewat. Berusia hampir 139 tahun, mercusuar ini masih berfungsi dengan baik hingga kini. Diansir dari merdeka.com.

Pada sisi lain pulau ini kamu bisa menemukan spot unik dari bebatuan granit raksasa. Batuan granit raksasa di sepanjang pantai Lengkuas ini telah terbentuk sekitar 65-200 juta tahun lalu. Dulunya merupakan batuan raksasa utuh yang kini terbelah-belah.

Batuan ini menjadi spot favorit untuk masuk ke laman feed Instagram. Sambil mengabadikan momen, kamu juga bisa menikmati kesegaran air laut di sekitar bebatuan.

Tak cukup sampai di situ saja, pulau yang berada di utara Tanjung Kelayang ini juga menyuguhkan keindahan biota laut. Cukup mengeluarkan biaya Rp 80 ribu, kamu bisa mendapatkan alat snorkeling, sepatu katak dan jaket pelampung.

Saat menyelam, kamu pun bisa melihat pesona keindahan bawah laut. Air berwarna biru kehijauan, ikan-ikan yang muncul dari permukaan dan kecantikan terumbu karang sukses memanjakan mata para pencinta olahraga menyelam.

Kamu juga bisa merasakan kesejukan di Pulau Lengkuas di antara rimbunan pohon kelapa dan pepohonan yang ada. Jika merasa kurang lama menghabiskan waktu di pulau cantik ini, kamu bahkan bisa menginap atau camping ground.

Pulau Lengkuas juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari pulang ke tempat peraduannya. Pemandangan jingga bisa apik kamu lihat dari pesisir pantai atau pun dari mercusuar.

Untuk mendatangi Pulau lengkuas, kamu bisa berangkat dari Desa Tanjung Kelayang atau Desa Tanjung Binga menggunakan kapal kecil. Tarif yang diberikan Rp 350-500 ribu untuk sepuluh orang dalam satu kapal.

 

Tinggalkan Balasan