Seluruh Kades Yang Akan Dilantik Harus Divaksin dan Rapid Antigen

  • Whatsapp

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Bupati Garut H Rudy Gunawan memastikan, seluruh kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak pada Juni lalu akan segera dilantik pada 29 Juli mendatang.

“Kami pastikan pelantikan kepala desa ini akan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, Antara tanggal 28 atau 29 karena masa habis jabatanya tanggal 27 juli,” ujar Rudy kepada wartawan, Jumat (16/7/21).

Bacaan Lainnya

Selain itu Rudy juga menerangkan, dalam pelatikan 215 kepala desa ini akan dilaksanakan di GOR Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul. Dalam pelantikan ini, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pastinya prokes ketat kita terapkan, kepala desa yang akan dilantik juga dilarang membawa massa yang mengantar,” terangnya.
Selain itu, kepala desa yang akan dilantik dan istrinya yang akan mendampingi saat pelantikan harus menjalani vaksinasi terlebih dahulu.

“Calon kepala desa dan istrinya yang nanti akan menjadi ketua PKK desa wajib sudah divaksin,” paparnya.
Dalam persiapan acara pihaknya mengimbau kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) utuk melakukan vaksinasi kepada calon kepala desa dan istrinya yang akan dilantik nanti.
“Saya sudah minta Dinkes dan DPMPD menyiapkan pendopo untuk kegiatan vaksin bagi kades terpilih dan isterinya,” ujarnya.
Bagi panitia penyelenggara pelantikan kepala desa terpilih ini untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam meminimalisir adanya penularan Covid-19 di lokasi kegiatan.

“Dalam pelantikan ini tidak boleh ada kerumunan, yang datang hanyalah yang akan dilantik saja, tidak boleh didampingi,” terangnya.

Para peserta yang boleh masuk ke area pelantikan, tambah dia, harus menggunakan masker dua lapis. Satu lapis masker media dan satu lagi masker kain yang sudah disiapkan.

Reporter : MD Sumarna

Pos terkait