WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Perempuan Muda Jadi Sasaran Program Semak di Garut

2 min read

SILATURAHMI. Bupati Garut Rudy Gunawan menerima jajaran pengurus Semak di kantornya sekaligus mendengar paparan program Power To Yuo(th)

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Yayasan Sekretariat Masyarakat Anak (Semak), menggelar program yang dinamai Power To You(th) di dua kecamatan di Garut, program ini, menyasar perempuan dan perempuan muda untuk bisa terlibat secara aktif dalam proses pencegahan dan pengambilan keputusan berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan.

Rina Nurhayati, Direktur Semak dalam keterangan tertulisnya menyatakan, ada banyak hal yang dipandang berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan dari mulai sunat perempuan, perkawinan anak, kekerasan seksual hingga kehamilan yang tidak diinginkan.

“Lewat program ini, diharapkan para remaja perempuan dan perempuan muda, dapat menyuarakan hak kesehatan reproduksinya, dapat membuat pilihan-pilihan terbaik bagi masa depannya dan bebas dari praktek berbahaya dalam masyarakat yang adil,” jelas Rina.

Program Power To You(th) sendiri, menurut Rina dilaksanakan di dua kecamatan yaitu di Desa Mekarjaya dan Rancabango Tarogong Kaler dan Desa Karyasari dan Sukamukti Kecamatan Banyuresmi serta empat sekolah setingkat SMP yang berada di dua kecamatan tersebut yaitu SMPN 2 Tarogong Kaler, Mts An-Nashr, SMPN 1 Banyuresmi serta SMP Yakha Banyuresmi.

“Kita memberi peningkatan pengetahuan hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) serta Pendidikan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (PKRS),” kata Rina.

Rina menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan program yang dijalankannya kepada Bupati Garut Rudy Gunawan dalam pertemuan yang dilakukan di kantor Bupati Garut. Dalam pertemuan tersebut, bupati menyambut baik program yang tengah dijalankan Semak karena dinilai bisa membantu mengatasi berbagai persoalan yang ada di Garut seperti stunting, perkawinan anak dan persoalan kekerasan berbasis gender.

“Program PtY ini sama dengan yang dilakukan oleh Pemda Garut dimana perkawinan anak, kesehatan reproduksi remaja jadi focus utama yang dilakukan untuk mencegah stun

ting dan banyaknya pernikahan anak di Garut,” jelasnya.

Karenanya, menurut Rina bupati mendukung penuh program PtY di Garut yang dilaksanakan oleh Semak dan nantinya akan mendorong dinas teknis yang terkait dengan program PtY untuk ikut membantu.

“Pak Bupati berharap kedepan ada tindaklanjut dari program ini lewat MoU, kita bersepakat untuk menandatangani MoU dalam rangka pelaksanaan program PtY,” tutup Rina. (*)

Tinggalkan Balasan