KPU Garut Sosisalisasi Pemilu ke Perangkat Desa

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut melakukan Sosialisasi Kepemiluan kepada Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Garut.

Perangkat desa diharapkan bisa lebih mengetahui dan memahami tahapan dan regulasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar pada 2024.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Garut, Aneu Nursifah, mengatakan pihaknya tak hanya menjelaskan soal tahapan pemilu kepada para perangkat desa. Namun juga peran perangkat desa dalam perhelatan pesta demokrasi.

“Sangat dibutuhkan sinergitas antara penyelenggra dengan perangkat desa, karena sejauh ini banyak kerja-kerja penyelenggara khususnya ditingkat desa yang melibatkan pemerintahan desa,” ucap Aneu usai sosialisasi di GOR Desa Salakuray, Kecamatan Bayongbong, Garut pada Sabtu (17/9/2022).

Partisipasi dari perangkat desa dalam menciptakan pemilu yang berintegritas dan berkualitas menjadi salah satu faktor pendukung terbesar.

“Hal-hal teknis yang langsung berhubungan dengan pemilih itu sentuhan terbesarnya ada di penyelenggara tingkat PPS dan KPPS,” katanya.

Ia juga sekali lagi menyampaikan bahwa perangkat desa sesuai dengan UU 6 tahun 2014 harus netral dan tidak boleh terlibat dalam partai politik atau pun menjadi juru kampanye.

Dengan netralitas itu diharapkan mampu menjadi stabilisator dalam terciptanya suhu politik yang sejuk di Garut.

Ketua PPDI Garut Sukmana menyampaikan bahwa PPDI yang sudah terbentuk dari tahun 2006 ini sejauh ini sangat besar kiprahnya dalam proses pelaksanaan dari pemilu ke pemilu.

Namun baru saat ini secara lembaga PPDI bisa bertemu langsung dengan KPU dalam satu kegiatan. Diharapkan bisa menjadi cikal bakal terjalinnya kerja sama yang lebih baik kedepannya.

“Rencananya juga akan diadakan kegiatan yang sama yang melibatkan seluruh anggota PPDI yang tersebar di seluruh desa Se Kabupaten Garut,” ujar Sukmana.

Dengan sosialisasi soal pemilu, seluruh perangkat desa bisa memahami setiap tahapan dan regulasi. (*)

Pos terkait