Keutamaan Shalat Tahajud Serta Waktu Mustajabnya Sebuah Doa

  • Whatsapp
SEREMBAN 13 MEI 2019. Antara jemaah yang meluangkan masa membaca Al-Quran berikutan umat islam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan di Masjid Jamek Bandar Seremban. STR/ADZLAN SIDEK

ISLAMI, KABARNUSANTARA.ID – Melaksanakan ibdah shalat tahajud cukup istimewa meskipun hukumnya sunah. Pasalnya, Nabi Muhammad SAW diketahui tak pernah meninggalkan amalan tersebut.

Kabarnya, Rasulullah SAW mengerjakannya hingga kedua telapak kaki beliau bengkak-bengkak. Dalam menjalaninya kita dapat mengawali dengan niat bangun malam sebelum tidur.

Bacaan Lainnya

Dengan niat itu, insya Allah kita tetap mendapatkan pahala sekalipun lelap hingga kumandang azan subuh, bila kesampaian bangun pada sebagian malam, ambil wudhu lalu shalat dua rakaat, usai tahajud, jangan lupa berzikir dan doa kepada Allah SWT.

Meningkatkan Takwa

Dari beragam keutamaan shalat tahajud ialah melatih diri kita agar menjadi insan yang bertakwa, dengan rutin menegakkan amalan sunah itu, insya Allah kita menjadi hamba-Nya yang saleh.

Rasul SAW bersabda, “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala penyakit dari tubuh.”
Allah Ta’ala menjanjikan bermacam-macam nikmat yang menyenangkan hati sebagai balasan bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud (QS as-Sajdah: 16-17). Pelaku amalan sunah tersebut juga akan diangkat derajatnya dalam pandangan Allah SWT (QS al-Isra’: 79).

Terkabulnya Doa

Rasulullah SAW menuturkan, “Ketahuilah, sungguh Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan shalat. Allah SWT berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab, ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.’ Allah berfirman, ‘Sungguh Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.’”

Nabi SAW juga bersabda, “Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman, ‘Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.’”

Kebaikan di Dunia-Akhirat

Rasulullah SAW mengungkapkan, “Sungguh pada malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang Muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan waktu tersebut ada pada setiap malam” (HR Muslim).

Itulah beberapa dari banyak keutamaan shalat tahajud, ibadah ini dapat dilakukan di masjid ataupun rumah masing-masing, terutama yang sudah berkeluarga, hendaknya membiasakan tahajud bersama-sama.

Wahai para suami, ajaklah istri shalat! Jika ia menolak dengan alasan di luar uzur syar’i, percikkan air di tubuhnya. Para istri juga dapat melakukan hal yang sama kepada suami (HR Nasai dari Abu Hurairah).