WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

Kesehatan Menjadi Alasan Yudha Puja Turnawan Sarankan Lomba Pungut Sampah

2 min read

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Masyarakat Kampung Babakan Abid RW 02 dan sekitarnya kelurahan Suci Kaler Kecamatan Karang Pawitan Garut, dalam memeriahkan HUT RI ke-73 menggelar perlombaan memungut sampah yang ada disekitar wilayah RW 01, 02 dan 12 pada Rabu (29/8/2018).

Acara tersebut di hadiri Yudha Puja Turnawan DPRD Garut Wakil Ketua Komisi A Fraksi PDI Perjuangan. Deni salah satu Tokoh masyarakat menuturkan kegiatan tersebut mengajak pada masyarakat agar dibiasakan hidup sehat.

“Lomba ini agar masyarakat jadi terbiasa hidup sehat, dan lebih bermanfaat bagi lingkungan,”jelasnya.

Masih menurut Dani Yudha Puja Turnawan menyarankan pada pihaknya untuk mengadakan perlombaan bersih-bersih dengan memungut sampah yang ada dilingkungan RW 01,02 dan RW 12 supaya  masyrakat terangsang untuk Hidup bersih dan sehat bebas dari sampah.

Sedangkan Yudha Puja Turnawan sebagai pelopor kegiatan lomba tersebut mengatakann bahwa lingkungan yang bersih akan tercipta masyarakat yang sehat.

“Tentu bersih dari sampah itu menyehatkan, karena salah satu bibit penyakit munculnya dari lingkungan yang kotor, untuk mensosialisasikan gerakan hidup sehat kami beri ide supaya diadakan perlombaan  memungut sampah”jelas yudha.

Masih menurut Yudha diadakannya perlombaan tersebut agar masyarakat tahu mana sampah organik dan mana yang non organik.

“Sebenarnya dari sampah itu juga ada mamfaatnya seperti sampah yang organik pendam ditanah yang nantinya berguna jadi pupuk untuk tanaman dan yang non organik seperti plastik bekas botol minuman, ember, jika dikumpulkan nantinya bisa dibuat kerajinan tangan seperti buat keranjang, tempat tisu, pas bunga dan lainnya ,itu akan  menjadi nilai tambahan buat mereka”,ujar yudha.

Sebagai Anggota DPRD aktif Yudha akan mendorong pemerintah supaya di bangun Bank sampah dan pengolahan sampah di kampung Babakan Abid.

Diketahui bahwa sampah non organik yang terkumpul dalam perlombaan memungut sampah sebanyak 57 kantung plastik sampah dan total beratnya 82,59.

(Yoga/Tim)

Tinggalkan Balasan