Jokowi Umumkan Reshuffle, Ini 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo dalam sambutan di gelaran Inovation Indonesia Expo 2020 pada Selasa, 10 November 2020.(DOK. MUCHLIS JR/BIRO PRES SEKRETARIAT PRESIDEN)

KABARNUSANTARA.ID – Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan ( reshuffle) Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020). Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan enam orang nama sebagai menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

“Sore ini saya dan Bapak Wapres ingin mengumumkan anggota baru Kabinet Indonesia Maju,” ujar Jokowi dipantau dari tayangan langsung Kompas TV, Selasa. Secara berturut-turut, Jokowi lantas mengenalkan keenamnya.

Bacaan Lainnya

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang saat kini menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedua, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Jokowi mengenalkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

Keempat, Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi.

Kelima, Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Keenam atau terakhir, Jokowi mengenalkan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi menggantikan posisi Agus Suparmanto.

Usai mengenalkan keenam menteri barunya, Jokowi juga menginformasikan jadwal pelantikan mereka yang digelar pada Rabu (23/12/2020) yang dilansir dari Kompas.com. “Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi,” tambah Jokowi.