Jaga Stabilitas Keamanan 93 Prajurit Kodam Iskandar Muda Dikirim ke Papua

  • Whatsapp

JAKARTA, KABARANUSANTARA.ID – Sekitar 93 orang Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) perwakilan dari setiap satuan jajaran Kodam Iskandar Muda (IM) Aceh akan ditugaskan ke Papua dalam waktu dekat, pasukan tersebut dibentuk sebagai Satuan Penugasan (Satgas) Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodam XVII/Cenderawasih Papua dan Kodam XVIII/Kasuari di Papua Barat.

Mayor Kav Edison Hadi Yepese Pabandalat Staf Operasi Kodam IM Aceh, mengatakan saat ini pasukan tersebut tengah menjalani latihan pratugas dalam rangka misi ke Papua. Edison menjelaskan, para pasukan dilatih dengan pembekalan berbagai materi mulai dari materi hukum, intelijen, tempur, serta teritorial.

“Sebelum diberangkatkan dalam tugas Operasi Teritorial, ya kita harus siap segalanya. Sesuai instruksi dari Wakasad pada saat pengarahan di antaranya melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial, dan membantu Pemda setempat,” kata Edison, Senin (31/5).

Selainn itu ia menjelaskan, prajurit TNI yang dikirim ke Papua ini nantinya juga akan membantu mengatasi terjadinya bencana alam, menjaga stabilitas keamanan daerah, hingga membantu pemerintah daerah Papua dalam meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat.

Saat ini, terangnya, selama 21 hari ke depan personel Satgas BKO Papua sedang melaksanakan penyegaran di Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Banda Aceh.

“Perlu diingat oleh semua prajurit yang ditugaskan ke sana, masyarakat Papua adalah saudara kita dan harus kita layani dengan hati,” tegasnya.