Asal Muasal Adanya Mendol Makanan Khas Malang

  • Whatsapp
Cara membuat mendol tempe khas Malang yang bisa disajikan sebagai lauk pendamping atau camilan. (DOK. SAJIAN SEDAP)

KULINER, KABARNUSANTARA.ID – makanan khas Malang ini memiliki sejarah unik tersendiri yang dilansir dari ompas.com. Mendol umumya disantap sebagai lauk pendamping untuk hidangan seperti rawon, lodeh, dan pecel. Mendol tempe dibuat dari tempe yang terlebih dahulu dikukus.

Baca Juga : Boleh Dicoba Resep Gemblong Manis Coklat Manis Dari Tepung Wijen

Bacaan Lainnya

Tempe yang sudah dikukus kemudian dihancurkan dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya, lalu mendol tempe dimasak dengan cara digoreng. Bentuknya lonjong, teksturnya garing di luar dan lembut di dalam.

Jika dirunut, mendol ternyata ada dari zaman penjajahan Belanda. Hal ini dijelaskan oleh Wira Hardiyansyah Food Heritage Educator Traveling Chef. “Malang sempat menjadi daerah tempat tinggal orang orang Belanda.

Dugaan empiris saya , kaum priayi meniru kebudayaan Belanda,” papar Wira kepada Kompas.com Minggu, 14/3/2021. Pasalnya, menurut Wira cara masak dan bentuk mendol mirip dengan perkedel yang merupakan makanan kolonial.

Baca Juga :  Resep Roti ala Toko Roti Terkenal Boleh Dicoba Kreasi Rumahan

Arti nama mendol sebenarnya sudah menggambarkan bentuk dari sajian ini. Wira menjabarkan jika mendol artinnya adalah kepal.

Hidangan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan sampai adoan padat lalu digoreng di dalam minyak yang panas.

Teknik membentuk mendol dengan cara dikepal sangatlah penting dalam proses pembuatan hidangan ini. Tempe busuk yang merupakan hasil fermentasi kedelai lama menjadi azas pemanfaatan bahan tidak terpakai, tetapi bisa dinikmati oleh masyarakat Jawa.

Olahan mendol itu jadi bagian dari keragaman kuliner di pedesaan. Itu jadi bukti kreativitas masyarakat Jawa dulu mengolah bahan yang tersedia, bahan yang rusak di sekitar mereka,” jelas Wira. Bahan-bahan untuk membuat mendol antara lain tempe, bumbu dapur seperti bawang putih, ketumbar, terasi, lengkuas, jeruk parut cabai, dan kencur.

Sajian ini memiliki rasa yang gurih dan pedas karena campuran sedikit cabai pada adonan. Selain itu mendol cocok sebagai camilan untuk teman minum teh atau makanan pendamping.

Pos terkait