Antisipasi Penyebaran Covid 19 TWA Gunung Papandayan Lakukan Rapid Antigen

  • Whatsapp

Kabar Nusantara. Id- Meski pada libur lebaran kali ini jumlah pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan Kabupaten Garut, Jawa Barat, menurun hingga 60 persen, namun pihak pengelola tetap memperketat protokol kesehatan (Prokes) dengan melakukan Rapid test antigen terhadap pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Garut.

” Di TWA Papandayan, kami terapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mulai pintu gerbang sudah kita wajibkan untuk memakai  masker, kendaraannyapun kita semprot dengan cairan disinfektan, tidak boleh berkerumun dan alat cuci tangan kita sediakan di area TWA Papandayan ini,” ujar Manager Operasional TWA Gunung Papandayan, Dedi Sitepu, kepada wartawan, Ahad (16/05/2021).

Lanjut Dedi, untuk memperketat Prokes, petugas keamanan juga tidak hentinya memberikan himbauan lewat pengeras suara. Bahkan untuk pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Garut, Manajemen TWA Papandayan bekerja sama dengan Puskesmas Cisurupan melakukan skrining.

” Terhadap pengunjung dari luar Garut, tanpa kecuali, kita lakukan skrining untuk memastikan mereka aman dari Covid 19. Beberapa diantaranya tidak kita ijinkan masuk, karena ada gejala sakit dan lainnya, apalagi bagi mereka yang mau menginap di sini,” katanya.

Zahra (22) pengunjung asal Cilacap, Jawa Tengah, mengaku tidak keberatan saat dilakukan skrining di pintu masuk TWA Papandayan itu, meskipun dirinya sudah mengantongi surat tanda sudah divaksin dari daerah asalnya.

” Saya sendiri tidak keberatan diskrining di sini, seneng aja untuk memastikan kondisi kesehatan saya,” ujarnya. (Asep Sudrajat).