ACT Garut Datangi Sekolah MTs Yang Nyaris Ambruk

  • Whatsapp

GARUT, KABARNUSANTARA.ID- Yayasan Aksi Cepat Tanggap. (ACT) Garut, mendatangi lokasi  bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Munajjah di Kecamatan Peundeuy, Kabupaten  Garut, yang kondisinya memprihatinkan dan nyaris ambruk. Sekolah  yang sudah berdiri sejak 2012 ini , bangunannya terdiri dari tiga lokal kelas dan satu ruang guru itu memang sudah tidak layak dijadikan ruang belajar.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan tim ACT Garut ke lokasi langsung di Kampung Mekarsari Desa Sukanagara kecamatan Peundeuy Garut pada selasa (23/11/2021), tampak kondisi bangunan seperti dinding setengah tembok dan bilik bambu sudah bolong-bolong, lantai semen yang hancur, dan atap asbes yang bolong bolong, sehingga kerap bocor ketika hujan turun.

Kepala sekolah MTs. Darul Munajjah, Supyan, mengatakan bahwa sekolah yang ia dirikan sejak tahun 2012 ini  keadaannya sudah rusak parah dan tidak layak lagi untuk digunakan sebagai ruang belajar.

“Saya sangat sedih bangunan sekolah sudah tidak layak, murid-murid kerap dibubarkan kalau hujan lebat, karena atap bocor dan air mengalir ke dalam kelas. Proses pembelajaran juga tidak efektif, saya tidak mau membahayakan siswa, jadi kami pulangkan saja”. Ungkap Kepala Sekolah MTs Darul Munajjah, Supyan.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk memperbaiki bangunan tersebut, namun belum membuahkan hasil hingga saat ini.

“Saya sudah puluhan kali mengajukan bantuan kepada pemerintah maupun pihak swasta, tapi belum juga membuahkan hasil. Alhamdulillah siang ini,  Tim ACT Garut hadir memberikan bantuan Mushaf Al-quran untuk siswa, kami berharap ACT Garut memeperjuangkan bangunan sekolah ini.” Harap Supyan

Keluhan yang sama juga diutarakan oleh salah seorang warga yang juga orang tua siswa, Tatang, yang merasa sangat prihatin dan berharap ada bantuan dari berbagai pihak.

“saya sangat prihatin melihat anak-anak sekolah dikelas yang rusak, takut ambruk tiba-tiba. Belum lagi dengan keadaan dinding yang bolong, hewan-hewan sering masuk kedalam, jadi kelasnya penuh kotoran seperti bukan kelas saja. Mudah-mudahan sekolah ini bisa secepatnya direnovasi, kasihan anak-anak kalau terus belajar di kelas yang tak layak. ” ungkap Tatang.

Dalam kesempatan ini, tim ACT Garut selain  berkunjung ke lokasi juga memberikan bantuan mushaf alquran bagi para siswa.

“Alhamdulillah pada hari ini, selasa 23 November 2021 kami berkunjung ke lokasi sekolah memberikan bantuan mushaf Al-Quran, Insya Allah ACT juga akan berikhtiar dengan menggalang dana. Oleh karena itu kami mengajak seluruh sahabat dermawan untuk membantu membangun kembali MTs Darul Munajah Peundeuy, dengan sedekah terbaiknya melalui rekening BSI #7164160027 a.n Aksi Cepat Tanggap konfirmasi via WA 085222814593,” terang Branch Manager ACT Garut, Mochamad Dani Ramdani. ( Jay).