WWW.KABARNUSANTARA.ID

Satu Informasi Untuk Nusantara

DPN PPKHI Puji Kinerja DPC Garut dan Menjadi Parameter di Jawa Barat

3 min read

DPN PPKHI Puji Kinerja DPC Garut ( Doc. Istimewa )

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Dalam acara kunjungan kerja Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) di Kabupaten Garut, Jawa Barat menghasilkan beberapa program lanjutan yang akan di jalankan PPKHI dalam upaya peningkatan kwalitas advokat anggota DPN PPKHI, serta pematangan kesiapan pelantikan DPC di Wilayah Priangan Timur.

“Saya hari ini sengaja mendahulukan Kabupaten Garut untuk di kunjungi, walaupun ada kabupaten lain yang minta di kunjungi juga. Hal ini karena Kabupaten Garut salah satu daerah yang perkembangan anggotanya pesat, bahkan di setiap pengambilan sumpah yang kita adakan, Kabupaten Garut tidak pernah absen, itu yang kami apresiasi, dan menjadikan Garut sebagai parameter di Jawa Barat,” ujar Dheky Wijaya S.H,. MH saat sambutan nya sebagai perwakilan pengurus DPN PPKHI pasca buka bersama di Jl. Suherman Garut, Jawa Barat, Jumat (16/04/22) malam.

Selain itu Dheky Wijaya S.H,. MH juga menambahkan bahwa Pengurus DPC PPKHI di Wilayah Priangan Timur harus membangun managemen pengelolaan organisasi secara profesional seperti yang dilaksanakan di DPN PPKHI, serta penyetaraan perlakuan bagi seluruh anggota PPKHI sebagai rekan sejawat tanpa memandang jabatan di organisasi.

“Semangat yang kami bangun adalah semangat kekeluargaan yang kuat, makanya anggota PPKHI harus terus pro aktif juga dengan pengurus di daerah masing-masing agar bisa terus kita pantau apabila terjadi apa-apa, misalnya saat ada yang meningal dunia, alhamdulilah hingga saat ini PPKHI sudah memberikan santunan Rp. 27.500.000,- untuk setiap keluarga yang di tinggalkan, dan ini sangat bermanfaat bagi keluarga yang di tingalkan,” ujar Decky.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPC PPKHI Kab. Garut Budi Rahadian S.H menyambut baik berbagai program yang akan dan telah dijalankan DPN PPKHI selama ini, namun khusus di Kabupaten Garut Budi menerapkan program tambahan dengan nama One Case One Book, sebagai program peningkatan kapasitas anggota PPKHI.

“Kami berterimakasih atas apresiasi yang di berikan kepada kami oleh DPN PPKHI, hal itu merupakan suatu kehormatan bagi kami, dalam forum ini kami juga akan menyampaikan program yang sudah berjalan di internal kami, seperti One Book One Case, penanganan perkara bersama di keluarga PPKHI, penyambutan anggota baru setelah sumpah, program-program itu saat ini telah kami lakukan secara berkelanjutan,” ujar Budi Rahadian S.H dalam sesi tanggapan.

Sementara dalam sesi diskusi Evan Saepul Rohman S.H Sekretaris DPC PPKHI Kab. Garut menyarankan untuk DPN PPKHI membuka program pendidikan Paralegal, hal ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi Paralegal yang baru lulus kuliah hukum atau bagi orang yang minat menjadi Paralegal secara srius.

“Masyarakat ini perlu di bantu dalam masalah hukum, tidak semua masyarakat memiliki finansial cukup untuk membayar jasa advokat saat tersangkut masalah hukum, makanya dalam penanganan perkara nya, bisa kita arahkan ke LBH – LBH yang ada, namun di LBH biasanya dalam perkara Nonlitigasi di dampingi Paralegal, nah agar legalitas dan kwalitas Paralegal ini mempuni kita harus membuka program pendidikan atau diklat untuk para legal,” pungkas Evan.

Di sesi penutupan diskusi, DPN PPKHI menanggapi berbagai program yang di ajukan dari DPC-DPC di Wilayah Priangan Timur dan Siap mendukung seluruh program DPC di Priangan Timur dengan syarat SDM nya sudah siap, serta mendorong DPC di Priangan Timur untuk segera mengajukan jadwal pelantikan.

Acara tersebut di hadiri utusan Pengurus DPN PPKHI, Perwakilan DPD PPKHI Jabar, Perwakilan DPC Bandung, Perwakilan DPC Tasikmalaya, Perwakilan DPC Banjar, Perwakilan DPC Ciamis.

Tinggalkan Balasan